Sabtu, 20 Oktober 2012

jamaah tarbiyah dan PK atau PKS

review kuliah S3 kelas A, "trend dan isu kontemporer salam kajian keislaman" (diampu oleh : Prof DR H. Thoha Hamim, M.A. P.Hd.). 20-10-2012
tema diskusi kelas : jamaah tarbiyah: dari pendidikan ke panggung politik.

jamaah tarbiyah muncul sekitar tahun 80 an, lalu berevolusi menjadi partai keadilan (PK) dan berevolusi lagi menjadi  partai keadilan sejahtera  (PKS),
kalau di lacak tentang jaringannya, ternyata PK atau PKS itu adalah gerkana TransNasional (lintas bangsa atau lintas negara), gerakan PKS ini asalanya dari negara turkey  yang bernama JUstice Party atau Rafaah party, dimana Justice Party ini adala sempala dari ikhwanul muslimin (sebuah gerakan "islam kanan"
 yang keras bentukan hasan al banna).

pada mulanya gerakan adalah gerakan yang menebarkan Islam Kanan Keras dengan dalih "tarbiyah atau pendidikan berciri khas kan tarbiyahnya nabi". biasanya gerakan ini berpola : halaqoh, daurah, rihlah, dan kegiatan lainnya dengan fokus tarbiyatun nufus dan tarbiyatun usrah dengan militansi yang sangat tinggi dari jamaahnya.

pola merekrutan kader jamaah biasanya adalah orang islam yang di bidang pendidikan non agama (umum) mumpuni (baca akademisi atau mahasiswa) yang dalam taraf "kebingungan" atau "haus" akan ilmu agama.
maka mereka (para murabbi atau perekrut jamaah atau pemimpin mereka) memberikan "oase" bagi mereka, akan tetapi sedikit demi sedikit menggiring mereka  menjadi Islam Kanan yang Keras..

Tidak ada komentar: