Judul:
PENDIDIKAN KARAKTER : Implementasi Aswaja Nilai Pendidikan Karakter
Penulis:
M. Mahbubi, S.Fil.I., M.Pd.I.
Penerbit:
Pustaka Ilmu Yogyakarta. Cetakan Pertama Agustus 2012
Deskripsi Umum:
buku ini mengupas tentang sejarah dan teori pendidikan karakter dan Ahlus Sunnah Wal-Jamaah khususnya versi Nahdlatul Ulama.serta SMP Khadijah Surabaya.
SMP Khadijah Surabaya adalah salah satu sekolah tingkat SMP Islam di Jawa Timur (Surabaya) bahkan bisa di katakan sebagai salah satu sekolah favorit di Indonesia.
SMP Khadijah secara Historis didirikan oleh PBNU dan PP Ma'arif NU melalui Yayasan Khadijah (YTPS NU KHadijah), maka dari itu tak heran jika di sekolah itu sangat kental dengan nuansa Ke- Nahdlatul Ulama'an nya. selain itu di SMP tersebut memiliki kuota pendidikan agama (yaitu 12 jam seminggu) yang jauh lebih banyak dari pada SMP pada umumnya (yang hanya 2 jam seminggu). namun tidak mengurangi mata peljaran UMUM lainnya.
SMP Khadijah juga telah menerapkan PENDIDIKAN KARAKTER jauh sebelum pemerintah dengan kemendikbudnya menerapkan kurikulum pendidikan karakter,
DAFTAR ISI BUKU:
BAB I : KARAKTER NU: Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter
di SMP Khadijah Surabaya...................................................................... 1
A.
Permasalahan ........................................................................................... 1
B.
Kerangka Teoritik .................................................................................... 4
C.
Metode
Penelitian .................................................................................... 5
BAB II : ASWAJA DAN PENDIDIKAN KARAKTER ................................. 12
- Konsep Aswaja ......................................................................................... 12
1. Aswaja Versi NU
.................................................................................. 15
2. Karakteristik Aswaja Versi NU.............................................................. 17
3. Tradisi Aswaja NU ............................................................................... 21
4. Pembelajaran Aswaja Di Sekolah NU ................................................... 22
- Konsep Pendidikan Karakter..................................................................... 26
1. Nilai-Nilai dalam Pendidikan Karakter.................................................. 31
2. Bentuk-Bentuk Pendidikan Karakter..................................................... 34
3. Metode Pendidikan Karakter................................................................. 35
4. Landasan Pendidikan Karakter.............................................................. 37
a.
Landasan Filosofis .............................................................................. 37
b.
Landasan Hukum ............................................................................... 40
c.
Landasan Relgius ................................................................................ 41
- Sejarah Pendidikan Karakter .................................................................... 43
1. Pendidikan Karakter Masa Klasik.......................................................... 43
2. Pendidikan Karakter Masa Nabi Saw..................................................... 44
3. Pendidikan Karakter Abad 18 Hingga
Kontemporer............................ 46
4. Pendidikan Karakter di Indonesia.......................................................... 48
BAB III : SELAYANG
PANDANG SMP KHADIJAH SURABAYA .......... 50
A.
Sejarah
Ringkas Yayasan Khadijah........................................................ 50
B.
Visi
dan Misi SMP Khadijah Surabaya ................................................. 53
C.
Struktur
Organisasi, Pendidik dan Tenaga
Kependidikan SMP Khadijah
Surabaya ................................................................................................ 55
D.
Jadwal
KBM SMP Khadijah Surabaya ................................................. 58
E.
Sarana
Dan Prasarana SMP Khadijah Surabaya .................................... 59
F.
Program
Pendidikan SMP Khadijah Surabaya....................................... 67
G.
Kurikulum
SMP Khadijah Surabaya ..................................................... 67
H.
Kondisi
Siswa SMP Khadijah Surabaya ............................................... 70
I.
Karakteristik
SMP Khadijah Surabaya .................................................. 73
BAB IV : IMPLEMENTASI
ASWAJA ............................................................ 75
- Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Khadijah Surabaya .............. 75
1.
Pengembangan
Kurikulum Pendidikan Karakter ................................... 75
2.
Proses
Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Khadijah ................ 78
a.
Perencanaan Pembelajaran .................................................................. 79
1).
Silabus .......................................................................................... 79
2).
Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)................................ 80
3).
Bahan/ Buku Ajar.......................................................................... 81
b.
Pelaksanaan Pembelajaran .................................................................. 84
1).
Pendahuluan.................................................................................. 84
2).
Inti................................................................................................. 85
3).
Penutup.......................................................................................... 88
3.
Desain
Implementasi Pendidikan Karakter SMP Khadijah Surabaya .... 90
1).
Pendidikan Karakter Berbasis Kelas ............................................ 90
2).
Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah ........................................ 91
3).
Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga
....................................... 92
4.
Penilaian
Pendidikan Karakter di SMP Khadijah Surabaya................... 93
5.
Evaluasi
dan Monitoring di SMP Khadijah Surabaya............................. 96
- Pengaruh Pembelajaran Aswaja Terhadap Karakter Murid SMP Khadijah
Surabaya
................................................................................................... 98
1.
Kondisi
Karakter Murid SMP
Khadijah Surabaya.................................. 98
2.
Factor-faktor
Pembentuk Karakter Murid SMP
Khadijah Surabaya ... 101
3.
Pembelajaran
Aswaja dan Pesantren Kota di Lingkungan SMP Khadijah
Surabaya
............................................................................................... 103
BAB V : PENUTUP ......................................................................................... 109
A.
Kesimpulan
.................................................................................... 109
B.
Saran-Saran
.................................................................................... 109
BIBLIOGRAFI
.................................................................................................. 111
mau tau bagaimana penerapan atau implementasi pendidikan karakter melalui pelajaran Aswaja di SMP Khadijah Surabaya??????
silahkan baca buku ini, karena sangat bermanfaat bagi siapa saja yang konsen dengan dunia pendidikan terutama di bidang pendidikan karakter...
dapatkan buku ini di toko-toko buku terdekat, hanya RP 45.000 rupiah.....
dan dapatkan diskon menarik untuk pembelian ke penulis langsung.
hubungi penulis di:
doel_gemmek@yahoo.com
atau add
https://www.facebook.com/muhammad.mahbubi
call/ sms ke: 085-630-630-77
1 komentar:
Bisa juga di dapatkan disini. Thanks
http://bakulbuku.com/buku-pendidikan/5564-pendidikan-karakter-implementasi-aswaja-sebagai-nilai-pendidikan-karakter.html
Posting Komentar