Kamis, 19 Agustus 2010

menjadi translator Mr. Raol dari New Delhi Univ.

hari ini, 19 agustus 2010 adalah aku mendapatkan pengalaman baru di SMP Khadijah A.Yani Surabaya.
tadi pagi sekitar jam 09.00 Wib, SMP Khadijah kedatangan tamu salah seorang mahasiswa S2 jurusan Fine Art New Delhi University India.
Mr raol sendiri ketika masih S1 adalah adik kelas dari sahrukh Khan (bintang film yang terkenal itu) dia datang ke sekolah-sekolah di indonesia (dari tingkat SD-SMA) untuk memperkenalkan dan memperagakan Traditional paper art of India. kebetulan tadi pagi yang ada di kantor guru SMP Khadijah yang bisa cas-cis-cus hanya saya, karena guru-guru lainnya yang bisa cas-cis-cus sedang mengajar di kelas.
saya sebenarnya agak ragu ketika di panggil mbak ila (staf TU SMP Khadijah) untuk mendampingi sekaligus sebagai penejemah bagi Mr Raol untuk bertemu dengan Kepala sekolah+wakil-wakilnya.
karena saya sudah lama tidak ber cas-cis-cus ria. ya akhirnya, mau-tidak mau aku terima tawaran itu.
sekitar jam 10.00 wib, aku mendampingi Mr Raol untuk men-DEMO-kan keakhliannya di bidang kesenian kertas tradisional INDIA. Mr Raol memperagakan sekitar 21 teknik paper art khas indianya, sederhana sekali mempraktekkannya, karena yang di perlukan hanya kertas tisu (atau kertas apasa saja) yang berwarna. tanpa menggunakan lem dan isolasi, maka terbentuklah berbagai macam bentuk dekorasi dari kertas, ada menara, bunga mawar, bunga sedap malam, tangkai lilin, pohon, dan lain sebagainya.
karena ini adalah kali pertamanya aku menjadi translator di hadapan kelas VIII a,b,c,d,e,f serta para dewan guru dan wakil kepala sekolah (bu indri) ya tentu saja banyak kelucuan-kelucuan yang terjadi saat itu, ketika saya saya menerjemahkan fold adalah menggulung, anak-anak tertawa semua, karena saya menerjemahkannya dengan logat saya yang (kata orang Khadijah kalo berbicara memakai logat) khas Madura.
akupun cuek, karena ini adalah salah satu kesempatanku untuk tampil berbahasa inggris bersama orang luar negeri meskipun bukan NATIVE SPEAKER.
ya lumayan lah untuk sebuah pengalaman baru yang takkan pernah saya lupakan.

untuk smua pihak yang telah memberikan saya kesempatan untuk menjadi guide+translator berbahasa inggris, terutama Mr Raol sendiri, saya ucapkan terima kasih.

alhamdulillah bulan ramadlan ini banyak pengalaman yang sangat baru bagi saya, meskipun saya setelah solat dluhur kehilangan kontak sepeda motor ku, setelah mutar-muter mencari kunci, ternyata kontakku di simpan oleh pak parkir smp khadijah, karena ketinggalan di sepeda tadi pagi.

ehm...... mungkin itu dulu pengalaman saya yang bisa ku ceritakan hari ini.

Tidak ada komentar: