Sabtu, 17 September 2011

LAST WEEK OF FASTING MONTH (romadlon) 1432 H

LAST WEEK OF FASTING MONTH (romadlon) 1432 H
oleh Muhammad Mahbubi pada 25 Agustus 2011 jam 6:06

hari ini kamis tanggal 25 Agustus 2011 atau bertepatan dengan tanggal 25 Romadlon 1432 H, adalah pekan terahir bulan puasa..... (semoga masih bisa bertemu lagi dengan bulan puasa berikut2 nya, amin).



nanti malam adalah malam jum'at terakhir dari bulan puasa tahun ini, kebetulan nanti malam adalah malam jumat legi. malam jumat yang istimewa bagi (sebagian) ummat islam yang benar2 menjalani romadon dengan penuh kehusu'an dan hikmat.



perlu diketahui bahwa:

* bulan yang paling mulia atau utama (saayyidusy syahri/ tuannya bulan) adalah bulan romadlon.

** hari yang paling mulia atau utama adalah hari jum'at ( sayyidul ayyam/ tuannya hari. kalimat ini biasanya di sebut oleh bilal dalam prosesi sholat jumat).

*** sedangkan wuku atau pasaran yang paling utama adalah pasaran legi.



nah, nanti malam adalah MALAM JUM'AT LEGI DAN JUM'AT TERAKHIR DI BULAN ROMADLON TAHUN INI.



jadi pergunakanlah malam ini dengan sebaik2nya......



ada banyak amaliyah2 malam jum'at terkahir romadon yang bisa dilakukan. SALAH SATUNYA adalah melakukan lebih dari satu "resep" dari obat hati yang ada 5 (TOMBO ATI yang di syitir oleh sayyidina ALI KWH) yaitu :

Kaping pisan moco Qur’an lan maknane

Kaping pindo sholat wengi lakonono

Kaping telu wong kang sholeh kumpulono

Kaping papat kudu weteng ingkang luwe

Kaping limo dzikir wengi ingkang suwe.



dari 5 resep itu dapat diartikan bahwa kita harus atau di usahakan agar melek'an diawali dengan 1) melakukan mandi taubat (tengah malam), kemudian dilanjutkan dengan 2) solat taubat dan solat sunnah (qiyamul lail) lainnya, kemudian 3) berdikir ..... , 4) membaca quran dengan memahami maknanya (baca tafsirnya) 5) serta melakukan amaliyah2 lainnya yang bisa dilakukan oleh kita semua,



mari saudara2 (yang berkenan) kita pergunakan malam jum'at terkhir romadon tahun ini sebaik2nya untuk lebih bertaqorrub, lebih mendekatkan diri, lebih berpasrah diri kepada sang KHALIQ...agar hidup kita lebih berkah dan di ridloi olehNYA....



dan jangan lupa agar kita semua saling mendoakan sesama muslim, sesama mu'min semua, agar semua makhluk hidup berbahagia.



akhirnya, saya ucapkan selamat menjalankan puasa, semoga puasa dan seluruh amal ibadah kita diterima oleh ALLAH dengan berlipat ganda pahala serta kebaikan, serta seluruh dosa (besar dan kecil) kita di hapus dan di maafkan dengan maghfiroh oleh ALLAH SWT yang MAHA GHOFUR.......

amiin......



alfaqir, abu hasanal bulqiyah

senja 25 romadlon 1432

wonocolo VIII/27 surabaya.

Tidak ada komentar: