Selasa, 08 November 2011

Mengelola Kelas lewat Jejaring Facebook

Mengelola Kelas lewat Jejaring Facebook

FACEBOOK (FB) tak lagi asing bagi yang suka melakukan eksplorasi dengan browsing di dunia maya. Sebelum situs yang dirillis pada 4 Febuari 2004 itu laris, kita lebih dulu mengenal blog.

Pada perkembangannya, blog pun banyak dimanfaatkan penyelenggara pendidikan. Blog banyak digunakan sekolah untuk aktualisasi diri. Program-program unggulan dan segudang prestasi acap dimunculkan. Terlebih pada masa penerimaan siswa baru, blog dapat dijadikan media promosi di dunia maya.

Tak hanya sekolah, sebagian besar guru pun membuat blog pribadi yang berisi segudang informasi tentang ilmu pengetahuan. Materi pelajaran pun banyak dipaparkan dalam blog. Hal itu dimaksudkan agar siswa dapat mengunduh materi pelajaran.

Kesibukan dan banyaknya aktivitas guru di luar sekolah memungkinkan mereka tak dapat masuk kelas. Nah, dengan keberadaan FB, guru tetap dapat mengelola kelas tanpa harus berdiri di depan kelas.

FB yang diciptakan Mark Zuckerberg merupakan situs jaringan sosial yang memberikan feature berkirim surat (pesan), chating, group, serta rubrik menarik lain. Feature group yang diberikan FB dapat dijadikan kelas jarak jauh oleh guru. Guru cukup membuat grup khusus yang beranggota para siswa.

Dalam grup tersebut, guru dapat memulai proses pembelajaran dengan memberikan kegiatan diskusi di dalam grup. Dari tema yang dilontarkan, guru dapat melihat dan menilai respons siswa mengenai tema tersebut.

Selain grup, fasilitas chating juga dapat digunakan para guru sebagai media pembelajaran jarak jauh. Dengan chating, guru dan siswa dapat bertanya-jawab. Adapun melalui fasilitas pesan, guru dapat memberikan tugas kepada para siswa.

Kini, dengan FB guru tetap dapat mengelola kelas tanpa harus datang ke sekolah. Apalagi saat ini mendapatkan jaringan internet cukup mudah dan hampir semua sekolah telah terjamah jaringan komunikasi tanpa batas itu.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Sy pake fb sbg sarana.anak2 dtugaskn nyari artikel &memposting url dr artikel tsb di tautan dinding group.postingan saya kometari satu2. anak2 amat suka postingannya dikomentari,bhkn sampai nagih2 kl sy telat kasih comen.bbrp postingan yg bagus sa kasi tanda "suka" &bikin mrk lebih antusias.Bentuk lain adalah mrk membuat artikel dg merangkum dr bbrp artikel diinternet dan menaruh rangkuman tsb dikolom catatan di account FB mrk. mrk hrs mencatumkan sumber artikel (url) dan men-set privacy catatan tsb agar hny saya saja yg bisa mengaksesnya,biar mrk gak hnya copy-paste.trus sy kasi komen berikut nilainya.lagi2 siswa sangat antusias.Dr saking antusiasnya hingga sy sndiri kerepotan utk bolak-balik online.sangat menyenangkan.namun disisi lain,ada bbrp siswa yg mulai mengeluhkan pemakaian FB ini.mrk dg polos mengatakan "wah ngabisin duit pak!.Sy tersenyum kecut menyadari kebodohan saya yg lupa kalo kami tinggal di desa

kamalinev mengatakan...

blognya bagus dan bermanfaat. keep it up!