Kamis, 15 Maret 2012

Dzikir Mendatangkan Ketentraman di Hati Umat

Dzikir Mendatangkan Ketentraman di Hati Umat


Berdzikir yang dilakukan oleh umat Islam berpaham Ahlussunnah Waljamaah dapat mendatangkan ketenangan dan ketentraman hati dalam mengarungi kehidupan dunia ini. Karena itu, berdzikir sudah sewajarnya secara rutin  dilaksanakan oleh umat Islam.

demikian dinyatakan Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Padangpariaman Azwar Tuanku Sidi dalam tausyiahnya di hadapan jamaah Majelis Dzikir Istiqomah Syatariayah (MAZIS) Kabupaten Padangpariaman,  Rabu (14/2).

Dalam ceramah yang disampaikan di Sekretariat MAZIS Jalan Raya Pariaman–Lubuk Alung kawasan Sungailaban Kecamatan Nan Sabarih, Padangpariaman, Sumatera Barat ini, hadir Wakil Bupati Padangpariaman Damsuar, Kepala Kemenag Padangpariaman Taslim Mukhtar, Ketua MAZIS Padangpariaman Syafri Tuanku Imam Sutan Sari Alam.

Menurut Azwar Tuanku Sidi yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Jamiatul Mukminin Sintuak ini, Kabupaten Padangpariaman masyarakatnya mayoritas berpahamkan iktikad Ahlussunnah Waljamaah. Seiring dengan itu, mereka bertarekat syatariah.

“Dzikir merupakan bagian rutinitas dalam beribadah. Sehingga dengan rutin berzikir, akan lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt,” tambah Azwar yang juga Ketua Pembina MAZIS Padangpariaman.

Dikatakannya, ahli tarekat itu, sayangi dunia dan kasih kepada Allah. Baginya mencari kehidupan dunia penting, tapi mencari bekal kehidupan di akhirat juga tak kalah pentingnya.

“Makanya dalam setiap gerak langkah kehidupan dapat dilakukan berzikir. Misalnya, saat berdiri dibaca subhanallah, duduk  dibaca Alhamdulillah, saat mendapat musibah dibaca innalillahi wainna ilaihi rooji'uun. Semua itu sudah merupakan bagian dari zikir,” kata Azwar.

Sementara itu, Syafri Tuanku Imam Sutan Sari Alam  menyebutkan, MAZIS diresmikan 6 Maret 2005 yang dihadiri oleh Bupati Padangpariaman Muslim Kasim (sekarang Wakil Gubernur Sumbar). Selanjutnya, 16 Maret 2011 menempati kantor baru yang diresmikan oleh Wakil Bupati Damsuar. Saat ini anggota MAZIS ada sekitar 300 orang jamaah   yang tersebar di sejumlah nagari dan kecamatan di Padangpariaman. Zikir kali ini diselenggarakan untuk memperingati 7 tahun berdirinya MAZIS.

“Tujuan MAZIS bagaimana majelis zikir dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan jamaah kepada Allah Swt. Dengan rutin menyelenggarakan zikir bersama-sama, diharapkan jamaah makin dekat dengan rasa bertuhan. Sehingga mereka makin takut untuk berbuat dosa karena selalu merasa diawasi oleh Allah SWT. Selain itu, dengan makin banyak masyarakat berzikir, mudah-mudahan bencana demi bencana tak sampai membinasakan masyarakat dan daerah Padangpariaman,” kata Syafri yang juga Katib PCNU Padangpariaman ini.



Redaktur     : Syaifullah Amin
FROM:
http://www.nu.or.id/page/id/dinamic_detil/1/36933/Warta/Dzikir_Mendatangkan_Ketentraman_di_Hati_Umat.html

Tidak ada komentar: