Kamis, 29 Maret 2012

Sensasi dan Manfaat Secangkir Teh

Sensasi dan Manfaat Secangkir Teh

Manfaat Teh

Teh

Siapa yang tidak kenal minuman bernama teh? Hampir semua orang mengenal minuman yang satu ini. Bahkan beberapa diantara kita menjadi penggemar teh. Seringkali teh dijadikan sajian bersama makanan ringan di sore hari. Aroma teh yang segar menjadikan minuman ini digemari hampir semua usia. Di Indonesia sendiri teh sudah sangat popular bahkan Indonesia menjadi negara ke 5 penghasil teh terbesar di dunia. Sebenarnya teh tidak hanya disenangi karena aromanya yang khas. Lebih dari itu teh mengandung banyak khasiat yang baik bagi tubuh kita. Penelitian selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa teh memiliki zat-zat yang berguna bagi tubuh manusia. Tak heran jika teh juga disebut dengan minuman kaya manfaat. Beberapa zat yang terkandung dalam teh diantaranya adalah polifenol. Dengan adanya kandungan polifenol maka teh merupakan salah satu minuman yang baik untuk anti oksidan. Bahkan salah satu khasiat teh / manfaat teh adalah untuk mencegah perkembangan sel kanker. Untuk itu mengkonsumsi teh sangat bagus terlebih lagi tubuh kita sering menghirup polusi dan teh bisa menjadi penawarnya.

Manfaat Teh / Khasiat Teh

Apakah ada hubungan antara teh dan tingkat kehalusan kulit anda? Jawabannya ada. Ini dikarenakan teh mengandung banyak vitamin E. Vitamin E merupakan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan yang salah satu kegunaannya adalah untuk menghaluskan kulit anda. Dengan adanya kandungan vitamin E yang melimpah maka teh juga baik untuk jantung anda. Teh juga mengandung vitamin lain yaitu vitamin C. Kandungan vitamin C pada teh menjadikan teh sebagai minuman anti oksidan. Dengan mengkonsumsi teh secara teratur anda akan memiliki kekebalan tubuh dan tidak mudah sakit. Satu lagi kandungan vitamin yang terdapat dalam teh adalah vitamin A. Dalam hal ini vitamin A dalam teh berbentuk betakaroten dan ini sangat baik bagi tubuh. Di Indonesia terdapat 3 macam teh yaitu teh hijau, teh hitam, dan teh putih. Dari ketiga teh tersebut teh hijaulah yang paling baik. Teh hijau merupakan teh yang paling baik karena prosesnya yang berbeda. Teh hijau dikeringkan dengan pengering khusus dan bukan dikeringkan dengan menjemurnya langsung.

Manfaat Teh Hijau / Khasiat Teh Hijau

Teh hijau juga sangat populer bagi mereka yang sedang melakukan diet. Tentunya kepopuleran teh hijau tersebut beralasan karena salah satu manfaat teh hijau / khasiat teh hijau adalah untuk menurunkan berat badan. Jika anda memiliki tingkat kolesterol yang tinggi maka mengkonsumsi teh adalah salah satu cara untuk menguranginya. Teh juga akan melancarkan aliran darah anda sehingga tubuh anda menjadi lebih segar. Akan lebih baik jika teh dikonsumsi tanpa menggunakan gula karena gula akan mengurangi jumlah kandungan yang terdapat dalam teh. Jika kandungan dalam teh berkurang secara otomatis khasiatnya juga akan berkurang. Sebaiknya dihindari meminum teh sebelum makan atau meminum teh dalam keadaan perut kosong. Hal ini akan menyebabkan asam lambung anda meningkat. Sebenarnya meminum teh sesudah makan pun tidak dianjurkan karena kandungan pada makanan anda akan dirusak oleh stimulan teh. Cara menyeduh teh juga penting untuk diperhatikan agar anda dapat merasakan khasiat teh secara maksimal. Seduhlah teh dengan air mendidih dengan suhu 800C. Jika merasa bosan dengan rasa teh maka anda bisa mencampurnya dengan susu atau lemon untuk memberi sensasi yang berbeda. Semoga informasi ini berguna bagi anda khususnya bagi mereka yang sedang ingin menikmati teh  dan merasakan manfaat teh / khasiat teh. Bahkan di beberapa negara teh adalah minuman para bangsawan. Nikmatilah secangkir teh hangat di sore hari selepas melakukan aktivitas dan rasakan aromanya sehingga anda bisa merasakan sensasi ketenangan.

Tidak ada komentar: